Tujuan Pengembangan Karir

Pengembangan karir menurut Andrew J. Dubrin suatu aktivitas kepegawaian yang dilakukan oleh seorang karyawan atau pegawai untuk menaikkan jabatan atau posisi di dalam suatu perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan masa depan perusahaan dan pegawai itu sendiri.

Secara umum tujuan pengembangan karir bagi seorang pegawai adalah untuk memperoleh upah atau gaji demi meningkatkan perekonomian pegawai itu sendiri. Selain itu dengan pengembangan karir dapat membantu perusahaan mencapai visi dan misi yang telah di capai. Namun di dalam artikel ini kami memberikan beberapa tujuan pengembangan karir yang lebih lengkap.

Baca Juga: Manfaat Sistem Karir Untuk Perusahaan dan Karyawan

Tujuan Pengembangan Karir

Tujuan pengembangan karir menurut Andrew J. Dubrin (1982) sebagai berikut:

1. Membantu Tercapainya Tujuan Pegawai Dan Perusahaan

Dengan adanya usaha kerja sama antara pegawai dan perusahaan dalam meningkatkan karir pegawai dapat meningkatkan visi dan misi perusahaan karena dengan meningkatkan karir seorang pegawai dapat meningkatkan kesejahteraan pegawai sehingga pegawai memberikan kemampuannya secara maksimal.

2. Menunjukan Kesejahteraan Pegawai Oleh Perusahaan

Dengan adanya usaha yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan karir pegawainya dapat meningkatkan kesejahteraan pegawainya hal tersebut dapat membuat pegawai lebih betah dan nyaman dalam bekerja sehingga karyawan mengeluarkan kemampuan atau skill nya lebih maksimal dan akan berdampak baik terhadap perusahaan.

3. Membantu Pegawai Menyadari Potensinya

Dengan adanya pengembangan karir dapat membantu pegawai dalam menyadari akan potensi yang dimiliki untuk menempati jabatan yang akan di berikan.

4. Memperkuat Hubungan Antara Karyawan Dan Perusahaan

Dengan pengembangan karir dapat berdampak baik terhadap hubungan antara karyawan dan perusahaan.

5. Memberikan Iklim Kerja Yang Positif

Dengan adanya pengembangan karir membuktikan tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan sehingga dapat menimbulkan iklim positif di lingkungan kerja sehingga pegawai bermental sehat.

Baca Juga: Pengertian Organisasi: Unsur, Ciri-ciri, Tujuan dan Manfaat Organisasi

6. Membantu Memperkuat Pelaksanaan Program Kerja Perusahaan

Dengan meningkatkan jabatan pegawai pada posisi tertentu dapat meningkatkan kepercayaan diri pegawai sehingga memperkuat pelaksanaan program kerja perusahaan.

7. Mengurangi Turnover

Jika pengembangan karir di dalam perusahaan tidak dilakukan akan berdampak buruk pada karyawan sehingga karyawan bisa saja melakukan Turnover atau pengunduran diri dari perusahaan.

8. Menghindari kebosanan Profesi

Anda mungkin pernah mengalami kebosanan terhadap jabatan anda saat ini bahkan terhadap profesi anda saat ini. Hal ini dapat di sebabkan beberapa faktor salah satunya adalah karena jabatan anda hanya itu-itu saja. Sehingga dengan adanya pengembangan karir ini dapat memberikan hal-hal baru yang dapat anda lakukan.

Itulah beberapa tujuan pengembangan karir dan penjelasan nya, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam memotivasi anda atau pun perusahaan anda untuk segera melakukan pengembangan karir untuk meningkatkan jabatan karyawan di dalam perusahaan.

Related Posts