Tujuan Jaringan Komputer: Pengertian, manfaat dan JenisNya

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer yaitu jaringan telekomunikasi yang hanya memungkinkan antar komputer yang saling menukar data atau informasi dengan tujuan dari jaringan komputer agar dapat mencapai tujuannya dari setiap jaringan komputer yang memberikan serta meminta layanan.

Manfaat Jaringan Komputer

1. Konektivitas

Dimana dengan jaringan komputer dapat dibantu saling terhubung dengan banyak orang bisa berbeda pulau, daerah, kota maupun negara. Misal Instagram dimana bisa menemukan kenalan dari berbagai belahan negara.

2. Mudah Berbagi File

Jaringan komputer dapat memudahkan dalam berbagi file antar sesama, misal didalam lingkungan rumah ketika saling tersambung dengan jaringan Wifi dan memiliki sebuah storage dan memerlukan file tinggal berbagi tentunya hanya tinggal mengakses melalui jaringan komputer.

3. Mudah Mengakses Informasi

 Dengan adanya jaringan komputer kita mudah mendapatkan informasi dengan mudah, contoh informasi berita, informasi cuaca dll. Dimana informasi tersebut dapat kita temui di internet.

4. Keamanan Data

Dimana kemanan data melindungi terhadap data  dengan pemberian dan pengaturan hak akses kepada para user, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga datanya dapat perlindungan yang efektif.

Baca Juga: Jaringan Komputer Lengkap

5. Integrasi Data

Dimana integrasi data dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat,  setiap proses data harus dilakukan pada satu komputer, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Dengan demikian terbentuklah data yang terintegrasi yang mudah dalam pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.

Adapun Manfaat lainnya yaitu:

  • Dapat memperluas dalam penggunaan sistem informasi
  • Dapat mendukung banyak aplikasi yang sedang dijalankan didalam komputer
  • Dapat membuat sistem komputer agar lebih flesibel sehingga lebih mudah digunakan

Tujuan Jaringan Komputer

Adapun tujuan jaringan komputer sebagai berikut:

  1. Untuk memungkinkan manajemen sumber daya lebih efesien
  2. Untuk membantu dalam mepertahankan informasi agar tetap andal dan up to date
  3. Untuk membantu mepercepat proses berbagi data(data sharing)
  4. Untuk memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien
  5. Untuk membantu usaha dalam melayani client secara lebih efektif

Jenis Jaringan Komputer

Adapun jenis komputer berdasarkan distribusi sumber informasi/data sebagai berikut:

1. Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat ialah jaringan yang terdiri dari setiap komputer client dan komputer server, karena komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari komputer server.

2. Jaringan Terdisitribusi

Jaringan terdistribusi ialah jaringan hasil gabungan dari beberapa jaringan terpusat yang dapat memungkinkan beberapa komputer client dan server yang saling terhubung dalam membentuk sistem jaringan tertentu.

Baca Juga: Topologi Jaringan Komputer

Jenis berdasarkan Desain Pengoperasian

1. Jaringan Client-server

Client server merupakan jaringan dengan prinsip memberikan layanan dan menerima layanan

2. Jaringan Peer to Peer

Peer to peer merupakan jaringan yang dapat saling berbagi data dan informasi dari komputer lain seolah merupakan komputer sendiri. Atau ada yang berperan sebagai client ada juga yang berperan sebagai server.

Jenis Media Transmisi

1. Jaringan komputer Wire Network

Wire Network yaitu jaringan dengan kabel sebagai media transmisi, dimana media transmisi melakukan peran vital dalam suatu jaringan, melalui sebuah data dan informasi yang berpindah dari satu komputer ke komputer lainnya. Terdapat pilihan kabel juga dalam melakukan pengantar jaringan seperti kabel twisted pair (TP), kabel fiber optik, serta kabel coaxial.

2. Jaringan Komputer Wireless

Wireless yaitu jaringan tanpa menggunakan kabel sebagai media transmisi guna untuk mengantarkan informasi.

Demikian Tujuan Jaringan komputer, Pengertian komputer, manfaat dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum

Related Posts