Tingkat Bahasa Pemrograman: Pengertian, Generasi dan Fungsi

Pengertian Bahasa Pemrograman

Apa itu Bahasa pemrograman? bahasa komputer yang isi intruksi standar untuk memerintah komputer. Dan merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai dalam mendifinisikan program komputer. Jadi seorang programmer harus membuat program atau perangkat lunak dengan memanfaatkan yaitu bahasa pemrograman.

Generasi Bahasa Pemrograman Komputer

Adapun generasi bahasa pemrograman komputer yaitu:

1. Generasi Machine Language

Bahasa mesin sudah jarang digunakan di era canggih, Jika masih digunakan terbatas yang melingkup lingkungan pendidikan atau pembelajaran. Bahasa mesin juga terbilang cukup sulit untuk dipahami karena merupakan bahasa komputer asli atau bahasa biner yang tersusun dari karaktee nol atau satu.

2. Generasi Assembly Language

Bahasa pemrograman assembly merupakan generasi yang mempunyai keyword yang kompleks dibandingkan bahasa mesin. Tetapi untuk penerapannya lebih mudah dimengerti oleh programmer. Adapun kode-kode dalam bahasa pemrograman assembly yang memiliki karakteristik dalam bentuk singat yaitu kode MOV,CMP dll.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Java Secara Lengkap

3. Generasi Procedural Programming

Generasi procedural programming hampir mirip dengan bahasa manusia, tapi masih mengutamakan bahasa simbol/karakter khusus contoh <<.>>{,},?,&&,||,;. Selain itu dalam pengembangkan khusus kode sehingga para programmer lebih mudah dalam memahami bahasa komputer karakter khusus mulai dikurangi.

4. Generasi 4 GL (Fourth-Generation Language)

Generasi query yaitu struktur yang dalam bahasa  pemrograman komputer, yaitu SQL ( Structured Query Language ). Pada bidang SQL merupakan bahsa dalam penerapannya menggunakan basis data mulai dari SQL server, SQLite, Oracle Database, MySQL. Dalam programmer lebih mudah memahami sistem data bahasa pemrograman 4 GL.

5. Generasi Programming Language Based Object Oriented dan Web Development

Yaitu generasi yang bahasa pemrograman yang lebih menonjolkan keefektifan dari sistem efesien dalam bahasa pemrogramming tingkat tinggi. Jadi dengan generasi ke -5 lebih sering disebut sebagai intelligent programming atau programming kecerdasan. Dimana sistem dapat memberikan fitur otomatis dalam pembuatan suatu program.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Adapun fungsi dari bahasa pemrogaman yaitu memerintahkan komputer untuk mengolah data sesuai dengan logika yang diinginkan. Output dari bahasa pemrograman dalam bentuk program/aplikasi. Misal adalah program yang digunakan daftar hadir mahasiswa, penggunaan CCTV di suatu perusahaan.

Bahasa umum yang digunakan dalam bahasa pemrograman

  • Object Oriented Language (Visual based, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
  • Level Language Tinggi (Misal Pascal dan Basic)
  • Tingkat tengah language (Misal C)
  • Level Language rendah(Misal bahasa assembly)

Tingkat Bahasa Pemrograman

Adapun tingkatan-tingkatan dalam memahami bahasa pemrograman sebagai berikut:

1. Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa pemrograman dalam  tingkat tinggi (high level programming language) pada generasi ke -3 bahasa pemrograman generasi ke -5 tetap dapat dikategorikan bahasa pemrograman tingkat tinggi meskipun sudah berlangsung dalam perkembangannya.  Bahasa pemrograman komputer tingkat tinggi meliputi: C++(Turbo C++), PHP (prosedural), Delphi (Borland), Visual Basic(Non-NET), dan Pascal (Turbo Pascal). Jadi semakin tinggi tingkat level bahasa pemrograman semakin mudah untuk dipahami karena bahasanya dapat dimengerti. Jika sebaliknya semakin rendah tingkat bahasa pemrograman maka semakin sulit untuk dipelajari karena bahasanya yang lebih mendekati cara mesin bekerja.

2. Bahasa Tingkat Rendah

Bahasa pemrograman yang merupakan kode mesin satu-satunya bahasa yang bisa di olah komputer secara langsung tanpa transformasi (kompilasi). Jadi untuk saat ini programmer hampir tidak pernah menulis program secara langsung dalam kdoe mesin. Sebab memerlukan perhatian pada banya kdetail yang ditangani oleh bahasa tingkat tinggi.

3. Bahasa Tingkat Menengah

Bahasa tingkat menengah merupakan bahasa yang programmer sudah mulai bisa menggunakan bahasa sehari-hari. Banyak perintah-perintah yang menggunakan inisial atau singkatan-singkatan seperti “MOV” yang berarti “MOVE” (pindah). Contoh bahasa pemrograman tingkat menengah:

  • Assembler
  • Microsoft Macro Assembler (MASM)

Macam-macam Bahasa Pemrograman

Adapun macam-macam bahasa pemrograman sebagai berikut:

1. Bahasa Pemrograman C

Dalam pemrograman sistem dan jaringan komputer sering digunakan dalam pengembangan software aplikasi. C juga banyak dipakai diberbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputr, bahkan terdapat beberapa compiler yang populer telah tersedia.

2. Bahasa Pemrograman JAVA

Dalam bahasa Java merupakan bahasa pemrograman yang dijalankan di berbagai komputer telepon genggam. Java tidak boleh disamakan dengan JavaScript. Karena JavaScript yaitu bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.

3. Bahasa Pemrograman PYTHON

Python merupakan pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Python diberbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Kotlin Secara Lengkap

4. Bahasa Pemrograman RUBY

Ruby merupakan bahasa yang berorientasi obyek. Tujuannya untuk menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman scripting yang ada. Ruby juga ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python

5. Bahasa Pemrograman C++

C++ merupakan pemrograman yang sifatnya berorientasi objek untuk menyelesaikan masalah, C++ menjelaskan class-class yaitu anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik.

6. Bahasa Pemrograman XML

XML (Extensible Markup Language) yaitu bahasa markup yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML juga sebagai markup tags misal HTML yang penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halam web.

7. ahasa pemrograman DELPHI

Delphi digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop yang berbasis database, sebagai perangkat pengembangan yang bersifat general-purpose mampu digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan software.

8. Bahasa Pemrograman VISUAL C++

Visual C++ merupakan sebuah produk Integrated Development Environment (IDE) bahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan Microsoft. Visual C++ salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio

9. Bahasa Pemrograman PHP

PHP dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995 dan PHP merupakan bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai terutama dikalangan sekarang.

10. Bahasa Pemrograman HTML

HyperText Markup Language merupakan sebuah markup yang digunakan dalam membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi dalam sebuah browser.

Related Posts