Mengenal Lebih Jauh Tentang Sumber Daya Manusia Dalam Konteks Bisnis

Sumber Daya Manusia adalah seseorang individu yang memiliki keahlian terpadu yang berasal dari pikiran maupun fisik yang dapat di manfaat kan untuk melakukan sebuah pekerjaan. Dengan kata lain Sumber daya manusia (SDM) meliputi daya pikir dan fisik atau dapat dikatakan sebagai kemampuan yang ada di dalam diri manusia yang ditentukan oleh daya fikir maupun daya fisiknya.

Sumber daya bisnis tidak lepas dari sektor bisnis karena sumber daya manusia merupakan aset yang sangat penting untu di jaga sehingga pengembangan SDM di dalam perusahaan harus di lakukan untuk membantu mengembangkan keahlian yang dimiliki sumber daya manusia.

Bagaimana sumber daya manusia dalam konteks bisnis? Sumber daya manusia dalam konteks bisnis adalah seorang individu yang bekerja di dalam sebuah organisasi baik itu instansi maupun perusahaan, orang yang bekerja di dalam suatu organisasi biasa di sebut sebagai karyawan atau pegawai.

Baca Juga: Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

Sumber daya manusia dalam bisnis didasari dengan adanya kebutuhan tenaga kerja di dalam organisasi sehingga sumber daya manusia ini adalah manusia itu sendiri bukan mesin, dan bukan hanya semata-mata sumber daya bisnis. Sumber daya manusia berkaitan dengan praktek-praktek yang dilakukan di dalam organisasi.

Apa pengertian sumber daya manusia dalam aspek bisnis? Sumber daya manusia dalam aspek bisnis adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian yang berasal dari daya pikir dan daya fisik yang di manfaatkan untuk melakukan proses bisnis dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyak nya

Baca Juga: 5 Contoh Sumber Daya Manusia

Ada 2 pengertian yang dikemukakan oleh para ahli sebagai perbandingan di dalam sumber daya manusia dalam konteks bisnis.

  1. Menurut Amstrong (1994) SDM dalam konteks bisnis merupakan bagaimana setiap individu dapat dikelola dengan cara yang terbaik demi kepentingan organisasi.
  2. Menurut Kenooy (1990) SDM dalam konteks bisnis yaitu metode untuk memaksimalkan sumber daya atau tenaga kerja dengan mingintegrasikan manajemen sumber daya manusia dalam strategi bisnis

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia dalam konteks bisnis adalah bagaimana mengololah sebagian orang agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal di dalam suatu organisasi.

Fungsi Manajemen SDM Dalam Konteks Bisnis

Fungsi manajemen sumber daya manusia dalam konteks bisnis dapat dikelompokan menjadi 2 yaitu fungsi manajemen dan fungsi operasional.

1. Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen terdiri dari 5 bagian yaitu:

  • Fungsi Perencanaan
  • Fungsi Pengorganisasian
  • Fungsi Pengarahan
  • Fungsi Pengkoordinasian
  • Fungsi Pengontrolan/Pengawasan

2. Fungsi Operasional

Fungsi operasional terdiri dari 5 bagian yaitu:

  • Fungsi Pengadaan
  • Fungsi Pengembangan
  • Fungsi Pemberi Kompensasi
  • Fungsi Integrasi
  • Fungsi Pemeliharaan

Demikianlah artikel tentang sumber daya manusia dalam aspek bisnis, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda lebih paham tentan sumber daya manusia dalam bisnis.

Related Posts

Tinggalkan komentar