Perbedaan SSD dan HDD

Perbedaan SSD dan HDD ~ Pada era yang modern ini perkembangan teknoogi semakin berkembang khususnya pada teknologi komputer, khusunya pada penyimpanan seperti SSD dan HDD. Setiap perusahaan berlomba-lomba untuk membuat teknologi yang semakin cangih, demi kebutuhan para pengguna.

Inovasi yang dibuat tersebut salah satunya adalah terciptanya media penyimpanan komputer berbasis Solid State Drive atau yang lebih familiar disebut sebagai SSD. Namun sebelum adanya SSD komputer masih menggunakan HDD (Hard Disk Driver) yang memunculkan pertanyaan apa perbedaan SSD dan HDD? Sebelum itu kita harus tahu dulu apa itu SSD? dan Apa itu HDD?.

Baca Juga: Pengertian RAM, Sejarah, Fungsi dan cara kerjanya

Apa Itu SSD?

SSD (Solid State Driver) merupakan penyimpanan yang menggunakan sirkuit dimana disusun sebagai beberapa chip memori untuk penyimpanan data secara tetap atau istliah nonvolatile memory.

Apa itu HDD?

HDD (Hard Disk Driver) merupakan tipe penyimpanan paling populer dimasanya. HDD berfungsi untuk menyimpan berbagai konten digital seperti video, musik, gambar dan aplikasi dan bahkan untuk menyimpan serta menjalankan sistem operasi

Apa Perbedaan SSD dan HDD?

Antara SSD dan HDD memiliki perbedaan dimana SSD merupakan perkembangan dari HDD yang terbaru yang dianggap lebih baik dari HDD dimana HDD memiliki piringan padat metal dengan lapisan magnet yang bertujuan untuk menyimpan data, sedangkan SSD menyimpan semua data melalui chip chip memory flash yang saling terhubung satu sama lain.

Perbedaan Fisik SSD dan HDD

1. Ukuran dan berat

Dimana HDD mempunyai ukuran dimensi serta berat HDD itu sendiri seperti platter, head dll. Teknologi HDD sangat bergantung pada putaran piringan hal ini membuat batasan kecil HDD dapat diproduksi. Sedangkan SSD sementara 2,5 inci atau 3,5 inci dengan antarmuka SATA.

2. Cara kerja SSD dan HDD

HDD lebih memanfaatkan perpaduan antara sistem mekanik dan elektrik sebagai komponen penunjang performa. Sedangkan SSD mengarah pada ke sistem full elektrik, karena teknologi baru SSD mampu lebih baik dibandingkan dengan HDD

3. Kecepatan baca dan tulis data

HDD menggunakan piringan untuk menyimpan data maka membutuhkan waktu untuk mencapai optimal operasinya, sedangkan SSD memiliki waktu akses lebih cepat karena tidak memiliki komponen yang bergerak bahkan kecepatan transfer datanya berkisar 200MB/s– 2500MB/s.

4. Ketahanan

HDD mempunyai piringan yang komponen terus bergerak yang mengakibatkan data bisa bergeser atau biasa disebut dengan istilah fragmentation jadi dapat melemahkan komponen tersebut. Sedangkan SSD tidak ada komponen yang bergerak sehingga menyimpanan datanya lebih aman.

5. Harga

Tergantung jenis SSD dan HDD misal harga HDD 1TB kisaran Rp. 700 ribuan maka SSD 1TB 2x lipatnya dengan HDD

Baca Juga: Sejarah Singkat Komputer

Kelebihan dan kekurangan HDD

1. Kelebihan HDD

  • Mempunyai harga yang terjangkau relatif murah dibandingkan SSD
  • Umur pada HDD jauh lebih lama

2. Kekurangan HDD

  • Pada saat penggunaan HDD kadang mengeluarkan suara berisik disebabkan komponen didalamnya berupa pirngan yang berputar yang mengakibatkan suara.
  • Mudah rusak disebabkan disc didalam sensitif terhadap guncangan

Kelebihan dan kekurangan SSD

1. Kelebihan SSD

  • Lebih cepat dalam write dan read. Contoh dalam membuka program berat atau aplikasi
  • SSD jauh lebih ringan dibandingkan dengan HDD
  • Lebih hemat daya listrik
  • Lebih minim kerusakan
  • Tidak menimbukan bunyi/suara berisik

2. Kekurangan SSD

  • Harga yang lebih mahal
  • SSD memiliki batasan umur lebih pendek ketimbang HDD

Demikianlah artikel tentang perbedaan SSD dan HDD, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan pilihan terbaik antara SSD dan HDD. Semoga Bermanfaat. Sekian dan Terima kasih

Related Posts