Perbedaan Output Dan Outcome

Pengertain Output

Apa itu Output? Output yaitu hasil yang didapatkan secara langsung setelah melakukan seuatu atau serangkaian aktivitas yang dilakukan.

Pengertian Outcome

Apa itu Outcome? Outcome yaitu hasil yang dirasakan baik itu jangka pendek maupun jangka panjang setelah melakukan sesuatu yang menguntungkan dalam jangaka panjang. Outcome juga sering kali disebut sebagai istilah impact.

Pengertian Output dan outcome menurut KBBI

  • Menurut KBBI Output: Hasil yang dikeluarkan( dihasilkan,diterbitkan dan sebagainya.)
  • Menurut KBBI Outcome: Akhir atau hasil suatu peristiwa, akibat.

Untuk lebih jelasnya silahakn baca di KBBI kbbi.kemdikbud.go.id

Perbedaan Output dan Outcome

Output yaitu hasil yang dicapai dalam jangka pendek, sedangkan outcome yaitu hasil yang terjadi setelah pelaksanaan kegiatan jangka pendek.

Output lebih berkenaan dengan apa yang dihasilkan dan siapa yang menjadi sasaran. Sedangkan bedanya dari outcomes lebih mencakup pada hasil yang harus tercapai dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang dalam aspek pembelajaran, aksi dan kondisi yang diharapkan.

Output yaitu hasil dari aktivitas, kegiatan atau pelayanan dari sebuah program dan diukur dengan dapat menggunakan volume. Sedangkan outcome yaitu dampak, manfaat dan harapan perubahan dari sebuah kegiatan atau pelayanan suatu program.

Baca Juga: Pengertian Outcome dan ContohNya

Contoh Output dan Outcome

Contoh yang dirasakan dari output dan outcome, pada output dimana hasil yang bisa dirasakan saat itu juga, misal jaringan internet saat ini. Adapun dari sisi outcome dapat dilihat pada jaringan 5G yang tidak hanya memberikan kecepatan internet tetapi keunggulan jaringan 5G telah dipikirkan sejauh mungkin agar dapat dirasakan setelah jaringan tersebut sudah benar-benar terealisasikan secara luas.

Contoh output yaitu pada penyelenggaraan pelatihan seperti training/workshop yang selesai dilaksanakan.Sedangkan outcome yaitu pengetahuan yang akan disampaikan atau perubahan perilaku peserta.

Contoh output membuat sejumlah kursi bayi. Sedangkan outcome adalah membuat bayi duduk nyaman dan aman.

Contoh output mengumpulkan tugas sekolah/kuliah. Sedangkan outcome adalah membuat tugas tersebut agar selesai.

Contoh dalam dunia pendidikan tinggi output yaitu dapat melahirkan sarjana-sarjana yang spesifik dibidang pendidikannya. Sedangkan outcome yang jangka pendek yaitu kesadaran, pengetahuan,atitud,skill dan motivasi. Outcome jangka menengah yaitu perilaku, praktek, penentu keputusan, kebijakan dan aksi sosial-sosial dalam bidang pendidikan. Outcome jangka panjang yaitu perubahan kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan pendidikan.

Related Posts

Tinggalkan komentar