Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Contoh, Asumsi dan Syarat Pertaanya

Pengertian Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli

Apa itu Penelitian Kuantitatif? Penelitian Kuantitatif yaitu salah satu jenis kegiatan penelitian yang sifatnya sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas mulai dari awal hingga pembuatan desain penelitian baik dari tujuan, subjek penelitian, objek penelitian sampel data, sumber data dan metodologi.

Apa itu penelitian Deskriptif? Penelitian deskriptif yait usalah satu jenis penelitian yang tujuannya menyajikan gambaran lengkap mengenai setting sosal mksudnya untuk lebih mudah eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial.

Pengertian Penelitian Kuantitatif menurut para ahli

Adapun definisi pengertian penelitian kuantitatif menurut para ahli sebagai berikut:

Baca juga: Ciri-ciri Pengertian Penelitian Kuantitatif

1. Nana Sudjana dan Ibrahim (2001)

Penelitian Kuantitatif yaitu penelitian yang didasari pada asumsi dengan ditentukan variabel dan selanjutnya akan dianlisis dengan menggunakan metode-metode yang valid.

2. Kasiram (2008)

Penelitian Kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan proses data-data yang berupa angka sebagai alat untuk menganalisis dan melakukan kajian penelitian terutama mengenai apa yang telah diteliti.

3. Suriasumantri (2005)

Penelitian Kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan kajian terbaru dengan pemikiran dimana sifatnya ilmiah kajian ini menggunakan proses logico-hypothetico-verifikatif pada langkah-langkah yang akan dilakaukan.

4. Emzir (2009)

Penelitian kuantitatif yaitu salah satu pendekatan yang secara primer menggunakan paradigma postpositivist dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dimana juga menggunakan strategi penelitian seperti eksperimen dan survei yang memerlukan data statistik.

5. Arikunto (2006)

Penelitian kuantitatif yaitu lebih menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya.

6. Creswell (1994)

Penelitian Kuantitatif yaitu salah satu cara penyeledikan tentang masalah sosial berdasarkan pada pengujian sebuah teori yang terdiri dari variabel-variabel, diukur dengan angka dan dianalisis dengan prosedur statistik dalam menentukan generalisasi prediktif teori yang benar.

7. Bryman (2005)

Penelitian Kuantitatif yaitu dari teori, desain penelitian, hipotesis, memiliki subjek, mengumpulkan data, mengalisa data, memproses data dan merangkum kesimpulan.

8. Sugiyono (2009)

Penelitian kuantitatif yaitu berbasis pada filsafat positivisme dimana untuk meneliti populasi atau sampel tertentu, pada umumnya pengambilan sampel dilakukansecara random dan data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian lalu dianalisis secara kuantitatif dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya.

Asumsi dari Penelitian Kuantitatif

Adapun penelitian kuantitatif berdasarkan asumsi dari  buku Nana sudjana, ibrahim, Siegle dan Johnson sebagai berikut:

Bahwa realitas yang menjadikan sasaran penelitian tersebut berdimensi tunggal, fragmental dan cenderung bersifat tetap sehingga dapat diprediksi.

Bahwa variabel dapat diidentifikasi dan diukur melalui alat-alat yang objektif dan baku.

Baca juga: Ciri-ciri Penelitian Kualitatif

Syarat Pertanyaan Penelitian

Adapun syarat dari pertanyaan penelitian sebagai berikut:

  1. Apa yang dibutuhkan dan apa yang tersaji
  2. Apa yang akan terjadi dan apa yang kenyataannya terjadi
  3. Apa yang diharapkan/diinginkan dan apa yang dapat diperoleh.

Contoh dari pertanyaan penelitian kuantitatif

  • Apa yang yang direncanakan Guru dalam pengembangan sebuah pembelajaran di kelas?
  • Bagaimana metode pembelajaran yang digunakan Guru untuk mengembangkan kualitas siswa dalam menyerap ilmu pengetahuan?
  • Bagaimana dampak metode tersebut dalam pembelajaran komputer pada hasil pembelajaran siswa?

Demikian Penelitian kuantitatif menurut para ahli, syarat dan contoh arti dari penelitian kuantitatif.

Related Posts

Tinggalkan komentar