Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Apa itu penelitian Kualitatif? Penelitian kualitatif adalah prosedur riset yang memanfaatkan data deskriptif, yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku tersebut dapat diamati, untuk menjelaskan dan menganalisis fenomena, peristiwa tersebut perlu seseorang atau kelompok mempunyai persepsi.

Apa itu Kuantitatif? Penelitian kuantitatif adalah ilmiah yang secara sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena sebagai investigasi sistematis terhadap fenomena dengan mengumpulkan data yang dapat diukur dengan melakukan teknik statistik, matematika atau komputasi.

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian penelitian kualitatif dari tahun ke tahun menurut para ahli sebagai berikut:

1. Menurut Creswell

Penelitian kualitatif adalah proses untuk memahami sebuah masalah sosial berdasarkan metodologi yang berbeda. Maksudnya seorang peneliti akan menyusun gambaran yang kompleks, menganalisa kata demi kata dan menyusun hasil penelitian secara natural/sesuai fakta dilapangan.

2. Menurut Judith Preissle

Penelitian kualitatif adalah model penelitian yang terkotak-kotak dimana datanya berbentuk data verbal, visual, sentuhan dan yang disusun dalam bentuk narasi deskriptif.

3. Menurut David Williams (1995)

Penelitian kualitatif adalah sebuah pengumpulan data dari latar alamiah terbaru dengan menggunakan metode ilmiah dan dilakukan oleh orang atau peneliti yang tertarik secara alami.

Baca Juga: Pengertian Kuantitatif dan Kualitatif

4. Menurut Boghdan dan Biklen (1975)

Penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan, lisan dan sikap orang-orang yang diamati.

5. Menurut Strauss dan Corbin

Penelitian kualitatif adalah dapat menghasilkan variabel dalam penemuan-penemuan yang tidak dapat diperoleh dengan menggunakan prosedur-prosedur stistik atau cara lain dari kunatifikasi.

6. Menurut Sugiyono (2016:6)

Penelitian kualitatif adalah cara untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat dikembangkan dan dibuktikan suatu pengetahuan tertentu sehingga pada waktunya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan.

7. Menurut Sugiyono (2017:9)

Penelitian kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme atau enterpretetif, yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah. Sehingga peneliti lebih bisa instrumen kunci, teknik pengumpulan data yang dilakukan secara triangulasi (gabungan wawancara, observase dan dokumentasi.

Pengertian Definisi Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli dan Daftar Pustakanya

1. Sugiyono (2010)

Penelitian kualitatif adalah suatu metode penelitian yang berlandaskan dengan fokus filsafat postpostivisme, yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang secara alamiah dimana peneliti merupakan sebagai instrumen kunci dari pengambilan sampel sumber data yang dilakukan secara puposive.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.

Baca Juga: Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Contoh, Asumsi dan Syarat Pertaanya

2. Saryono (2010)

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan dalam menyelidiki, menggambarkan, menemukan dan menjelaskan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang tidak dijelaskan diukur atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif.

Saryono.2010 Metodelogi Penelitian Kualitatif dalam bidang kesehatan. Yokyakarta: Nuha Medika.

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli Pdf

Menurut Moleong, Penelitian kualitatif yaitu penelitian untuk memahami fenomena tentang apa yang dipahami oleh subyek penelitian, contoh perilaku, persepsi, motivasi, tindakan yang secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode secara ilmiah.

Jenis-Jenis Penelitian Kualitatif

Adapun jenis-jenis penelitian kualitatif sebagai berikut:

1. Fenomenologi

Fenomenologi dapat dilihat dari berbagai aspek subjektif dari perilaku objek. Selanjutnya peneliti akan melakukan penggalian data berupa pemaknaan objek dalam memberikan arti terhadap fenomena yang terkait.

2. Etnografi

Etnografi adalah penelitian yang memiliki tujuan untuk mengkaji dan tersedia dalam budaya selanjutnya digunakan untuk berkomunikasi oleh individu didalamnya. Dapat juga melihat bagaimana bentuk dan fungsi dari bahasa tersebut bagian dari kehidupan sebuah masyarakat.

3. Studi Kasus

Studi kasus meneliti suatu kasus atau fenomena untuk masyarakat yang dilakukan secara mendalam untuk mempelajari latar belakang, keadaan dan interaksi yang terjadi.

Baca Juga: Ciri-ciri Penelitian Kualitatif: Jenis, Tujuan dan Teknik Pengambilan DataNya

Ciri-ciri Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Adapun ciri dari penelitian kualitatif yaitu:

1. Menggunakan Lingkungan Alamiah Sebagai Sumber Data

Penelitian kualitatif dari sumber datanya melalui peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam situasi sosial yang kajian utamanya penelitian kualitatif. Penelitian tersebut langsung ke lokasi, memahami dan mempelajari situasi tersebut.

2. Memiliki Sifat Deskriptif Analitik

Penelitian yang sifatnya deskriptik analitik dimana data yang diperoleh seperti hasil pengamatan, hasil wawancara, hasil pemotretan, analisis dokumen, catatan lapangan, disusun peneliti di lokasi penelitian, tidak dituangkan dalam bentuk angka.

3. Tekanan Pada Proses Bukan Hasil

Penelitian tersebut data dan informasi yang diperlukan berkenaan dengan pertanyaan apa, mengapa dan bagaimana untuk mengungkapkan proses bukan hasil suatu kegiatan. Seperti apa yang dilakukan dan mengapa dilakukan dan bagaimana cara melakukannya perlu pemaparan suatu proses mengenai fenomena tidak dapat dilakukan dengan ukuran frekuensinya.

4. Bersifat Induktif

Penelitian Induktif tidak dimulai dari deduksi teori, tetapi dimulai dari lapangan yakni fakta empiris. Peneliti dapat terjun ke lapangan, mempelajari suatu proses atau penemuan yang terjadi secara alami, mencatat, menganalisis, menafsirkan dan melaporkan serta menarik kesimpulan-kesimpulan dari proses tersebut.

5. Mengutamakan Makna

Penelitian tersebut mengutamakan makna yang diungkapkan berkisar pada persepsi orang yang mengenai peristiwa, contoh penelitian tentang peran kepala sekolah dalam pembinaan guru.

Related Posts

Tinggalkan komentar