Pengertian Outcome: contoh perbedaan output dan outcome

Pengertian Outcome

Apa itu Outcome? Outcome adalah pernyataan yang dengan tingkatannya dalam pencapaian jangkah menengah, tidak langsung diperoleh melalui kegiatan dan membutuhkan sebagian kontribusi dari pihak penerima, manfaat, media dll. Menurut KBBI Outcome memiliki dua arti yaitu hasil dan akibat.

Adapun pengertian income merupakan jumlah yang dapat menghasilkan penjualan dalam jangka watu tertentu yang telah dikurangi dengan harga pokok penjual (HPP).

Sedangkan Pajak pertambahan nilai (PPN) merupakan pajak yang dikenakan untuk komsumsi dalam negeri oleh Wajib Pajak Orang Pribadi, Badan dan Pemerintah, untuk perorangan dalam membayar pajak diwajibkan menyetorkan langsung ke dalam kas negara.

Perbedaan Output dan Outcome

Output adalah suatu hasil  yang mencapai jangka pendek, dengan siapa yang menjadi sasaran dalam suatu program.  Sedangkan outcome adalah mencakup kepada hasil yang dicapai dalam jangkah menengah, dengan bermanfaat, dampak dan harapan perubahan dari sebuah kegiatan pelayanan suatu program.

Baca Juga: Pengertian Laba: Jenis Unsur dan Mempengaruhinya

Contoh Outcome dalam Jangka Pendek

Adapun contoh dari outcome sejumlah jangka pendek yaitu: skill, pengetahuan, kesadaran, atitud, opini, aspirasi dan motivasi.

1. Contoh outcome jangka menengah

Adapun contoh dari jangkah menengah yaitu: penentu pelaksanaan, kebijakan dan aksi-aksi sosial dibidang pendidikan.

2. Contoh outcome jangka panjang

Adapun contoh dari jangka panjang yaitu: kondisi ekonomi, sosial, kependudukan dan lingkungan pendidik.

Related Posts

Tinggalkan komentar