Pengertian bluetooth: Fungsi, Teknologi, Kelebihan dan Kekurangan Bluetooth

Pengertian Bluetooth

Apa pengertian bluetooth? Bluetooth merupakan spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) yaitu tanpa menggunakan kabel. Dimana bluetooth hanya menghubungkan untuk dipakai dalam menukar informasi melalui peralatan-peralatan spesifikasi dari peralatan bluetooth yang dikembangkan kelompok bluetooth special interest group.

Fungsi Bluetooth

Adapun fungsi bluetooth sebagai berikut:

Baca Juga: Pengertian Wifi Lengkap dengan Penjelasannya

1. Melakukan Print Tanpa Kabel

Dalam hal ini bluetooth merupakan salah satu perangkat yang sudah mendukung teknologi yaitu printer. Jika printer dan perangkat komputer saling terhubung, perintah dalam melakukan print dapat dilakukan tanpa memerlukan kabel lagi.

2. Mengirim dan Menerima Data atau File

Dalam hal ini bluetooth untuk mengirimkan dan menerima data atau file jadi pengguna dapat memakai bluetooth dan bisa mengirim file baik itu berupa video, lagu, dokumen dan gambar, bisa juga antara handphone dan komputer dan sebaliknya.

3. Digunakan Sebagai Modem

Dalam hal ini bluetooth sebagai modem juga karena membantu user yang sering mengakses sosial media, browsing  melalui internet atau chatting. Untuk kegunaan bluetooth sebagai modem yaitu pengguna tidak perlu setting komputer yang bisa terhubung ke internet memakai bluetooth tersebut.

4. Penghubung ke Proyektor

Dalam hal ini proyektor tidak perlu lagi menggunakan kabel agar bisa disambungkan ke laptop/komputer agar gambarnya bisa terhubung. Dengan adanya teknologi yaitu bluetooth para user tidak perlu lagi pakai kabel. Hal ini  bisa bekerja secara praktis.

5. Mouse dan Keyboard Nirkabel

Dalam hal ini bluetooth merupakan alternatif dalam menghubungkan mouse/keyboard portabel ke komputer atau laptop. Kehadiran mouse dan keyboard yang mendukung teknologi bluetooth sudah semakin banyak.

6. Audio bluetooth Handsfree dan Headphone

Dalam hal ini digunakan untuk hadsfree dan headphone dengan adanya bluetooth tidak perlu lagi capek-capek menggunakan kabel dan sejenisnya. Jadi dengan adanya fitur tersebut kita bisa mendengarkan lagu dengan mudah.

Teknologi Bluetooth

Disaat ini teknologi tanpa kabel yaitu bluetooth mempunyai pita frekuensi ISM 2,45 GHz yang tersedia untuk umum, secara spesifik untuk membentuk jaringan skala kecil. Peralatan bluetooth generasi pertama yaitu dapat berkomunikasi dalam jangkauan 10 m (kategori class 2), sedangkan generasi dua itu sudah mencapai jangkauannya 100 m (kategori class 1).

Bluetooth Protocol Stack

Dalam sebuah Bluetooth stack yang dapat memuat yang lengkap untuk memastikan berbagai peralatan bluetooth yang saling mencari (inquiry), mengeksplorasi layanan yang disediakan dan berkomunikasi satu sama lain.

1. Bluetooth radio yaitu layer yang berguna untuk modulasi serta demodulasi data untuk kebutuhan komunikasi.

2. LMP yaitu layer yang berguna untuk mengatur serta konfigurasi koneksi menuju peralatan bluetooth  termasuk ontentikasi serta enkripsi.

3. SDP yaitu layer yang digunakan untuk pencarian layanann di peralatan bluetooth yang lain.

4. OBEX yaitu layer yang digunakan untuk menyiapkan fasilitas transfer file atau objek.

5. TCS yaitu layer yang berguna untuk menyediakan call control signalling dalam sebuah panggilan suara serta data diantara peralatan bluetooth.

6. HCI yaitu layer yang digunakan untuk memisahkan perangkat keras dari perangkat lunak yang diimplementasikan berupa perangkat lunak.

Topologi Jaringan Bluetooth

Topologi jaringan bluetooth paling kecil disebut dengan piconet yang hanya terdapat sebuah peralatan yang tujuannya sebagai server atau master. Sementara yang lain berguna untuk client dan slave.

Modem Operasi Bluetooth

Dalam hal ini bluetooth dapat beroperasi pada beberapa mode, sebelumnya koneksi terjasdi ke semua peralatan yang ada di mode standby yang tetap siaga setiap 1.28 detik dalam menerima page atau inquiry. Koneksi menuju peralatan yang dapat dituju dengan melakukan mode page dimana mode inquiry yang dibutuhkan apabila alamat tujuannya tidak di ketahui. Jadi ketika proses paging yang terjadi maka peralatan yang bersangkutan harus sudah mengetahui alamat system clock peralatan yang dituju dalam menentukan access code paket data yang kedua informasi tersebut tersedia dalam proses inquiring.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan WIFI

Kelebihan dari Bluetooth

Adapun kelebihan dari bluetooth sebagai berikut:

  • Dapat terjadi transfer file secara grafis
  • Jangkauannya lumayan luas yaitu sampai radius 10m
  • Dapat dimanfaatkan untuk multiplayer pada game-game tertentu
  • Dapat digunakan untuk transfer file dari komputer ke handphone dan sebaliknya.

Kekurangan Bluetooth

Adapun kekurangan bluetooth yaitu:

  • Menggunakan frekuensi  yang sama dengan jaringan Wifi.
  • Terkadang sulit menemukan penerima yang dituju jika terlalu banyak pihak yang menggunakan bluetooth dalam satu ruangan.
  • Virus-virus banyak juga beredar melalui jaringan bluetooth.
  • Kecepatan transfernya datanya tidak tetap itu tergantung berartnya yang mau dikirim

Demikian penjelasan dari pengertian bluetooth, fungsi, teknologi serta kelebihan dan kekurangan bluetooth. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis Wassalamu’alaikum.

Related Posts