Ciri-ciri Penelitian Kualitatif: Jenis, Tujuan dan Teknik Pengambilan DataNya

Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Apa itu Penelitian Kualitatif? Penelitian Kualitatif merupakan jenis penelitian dimana mengutamakan deskripsi serta penjelasan dalam membangun fakta sosial-sosial dalam paradigma.

Apa itu Penelitian Kuantitatif? Penelitian Kuantitatif merupakan jenis penelitian yang sistematis, tersusun dan terstruktur mulai awal sampai akhir penelitian dengan analisis angka statistik.

Pendapat Para Ahli tentang Penelitian Kualitatif

Berikut beberapa pendapat para ahli tentang penelitian kualitatif sebagai berikut:

1. Moleong (2007)

Penelitian Kualitatif termasuk penelitian yang menggambarkan jelas mengenai subjek dalam suatu penelitian, dimana penelitian kualitatif melakukan holistik (menyeluruh) sehingga metode dalam penelitian kualitatif dilakukan dalam kurun waktu yang panjang.

2. Koentjaraningrat (1993)

Penelitian Kualitatif merupakan penelitian menggunakan 3 format yaitu, deksriptif, verifikasi dan grounded research. Dalam karakterisktik penelitian kualitatif cenderung dalam kajian berbagai gejala sosial dalam masyarat, baik itu individu ataupun yang dilakukan kelompok sosial.

3. Sukmadinata (2005)

Penelitian Kualitatif merupakan kontruktivisme yang berasumsi dimana kenyataan itu berdimensi jamak, suatu interaksi dan pertukaran pengalaman sosial yang diinterprestasikan oleh setiap individu.

Baca Juga: Ciri-ciri Penelitian Kualitatif

4. Kirk dan Miller

Penelitian Kualitatif merupakan tradisi yang ditunjukkan dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada setiap pengamatan pada manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut untuk bahasannya dan dalam peristilahannya.

5. Sugiyono (2009)

Penelitian kualitatif adalah  suatu metode penelitian yang berlandasan dengan filsafat postpositivisme, yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang secara alamiah dimana peneliti merupakan sebagai instrumen kunci dari pengambilan sambel sumber data yang dilakukan secara puposive.

Ciri-ciri Penelitian Kualitatif

Adapun ciri khusus penelitian kualitatif sebagai berikut:

1. Mengambil Lingkungan Alamiah sebagai Sumber Data

Penelitian Kualitatif ditunjukan secara alamiah sebagai sumber datanya untuk peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam suatu situasi sosial yaitu kajian utama dalam penelitian kualitatif. Penelitian langsung ke lokasi tersebut, memahami dan mempelajari kasus dan situasi tersebut.

2. Memiliki Sifat Deksriptif Analitik

Penelitian Kualitatif lebih deskriptif analitik dimana hasil pengamatan, hasil wawancara, hasil pemotretan, analisis dokumen, catatan lapangan disusun di lokasi penelitian. Penelitian kualitatif tidak dituangkan dalam bentuk angka-angka.

3. Tekanan Pada Proses Bukan pada Hasil

Penelitian Kualitatif lebih pada proses bukan pada hasil dimana data dan informasi diperlukan berkenaan dengan pertanyaan 5W dan 1H dalam mengungkapkan proses bukan hasil suatu kegiatan.

4. Bersifat Induktif

Baca Juga: Unsur Proposal Penelitian

Penelitian Kualitatif dimulai dari deduksi teori, dan dimulai dari lapangan yakni fakta empiris. Penelitian kualitatif lebih terjun ke lapangan mempelajari suatu proses atau penemuan yang terjadi secara alami, mencatat, menganalisis, menafsirkan dan melaporkan serta menarik kesimpulan-kesimpulan dari proses tersebut.

5. Mengutamakan Makna

Penelitian kualitatif lebih mengutamakan makna dalam berkisar pada persepsi orang mengenai suatu peristiwa, contoh tentang peran kepala desa dalam membantu masyarakat, penelitian tersebut memusatkan pada perbaikan di desa tersebut. Penelitian tersebut juga mencari informasi pernyataan tentang keluhan-keluhan desa agar bisa melakukan perbaikan sesuai keinginan masyarakat.

Jenis Penelitian Kualitatif

Adapun jenis-jenis dari penelitian kualitatif sebagai berikut:

1. Fenomenologi

Jenis penelitian kualitatif yaitu fenomenologi untuk memberikan penjelasan suatu fenomena atau persitiwa kejadian berdasarkan pemahaman dari hasil pemikiran informan atau objek dari penelitian.

2. Deskriptif

Jenis penelitian kualitatif yaitu deskriptif untuk memberikan gambaran secara lengkap mengenai bentuk permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Studi Kasus

Jenis penelitian kualitatif yaitu studi kasus yang bertujuan memberikan gambaran dalam mengenai suatu kasus dalam peramasahan pada suatu unit sosial.

Tujuan Penelitian Kualitatif

Adapun tujuan Penelitian Kualitatif ini pada bidang pendidikan yaitu:

Untuk mendeskripsikan suatu proses kegiatan dalam pendidikan berdasarkan apa yang terjadi di lapangan sebagai bahan kajian lanjut untuk tepat menemukan kekurangan dan kelemahan pendidikan yang dapat ditentukan dalam penyempurnaannya.

Menganalisis dan menafsirkan fakta, gejala serta peristiwa pendidikan yang terjadi di lapangan dengan adanya konteks ruang dan waktu dapat disituasikan lingkungan serta pendidikan secara alami.

Dengan menyusun hipotesis berkenaan dalam konsep serta prinsip pendidikan berdasarkan data dan informasi yang terjadi di lapangan untuk kepentingan pengujian lebih lanjut dalam pendekatan kuantitatif.

Teknik Pengambilan Informasi pada Penelitian Kualitatif

Adapun teknik dari pengambilan informan pada penelitian kualitatif terdapat 2 jenis yaitu:

1. Purposive Sampling

Purposive sampling yaitu suatu sampel pada penelitian kualitatif yang cara pengambilannya berdasarkan pertimbangan subjektif, yaitu penelitian mengetahui dengan jelas kemampuan dan identitas informan untuk membangun sebuah informasi.

2. Snowball Sampling

Snowball sampling yaitu pengambilan informannya pada penelitian kualitatif yaitu teknik bola salju secara pemilihan informannya berdasarkan rekomendasi informan sebelumnya.

Demikian dari penjelasan diatas ciri-ciri penelitian kualitatif, pengertian dan menurut para ahli, jenis-jenis dan teknik dalam penelitian kualitatif. Semoga bermanfaat Wassalamu’alaikum.

Related Posts

Tinggalkan komentar