Agrikultur adalah dan Pengertian Non Agrikultur

Agrikultur adalah ~ Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, sehingga dengan berkembangnya zaman ada banyak teknologi yang digunakan untuk memproduksi makanan. Salah satu teknologi yang digunakan adalah agrikultur yang berkaitan erat dengan pertanian. Namun mungkin kamu belum mengetahui apa itu agrikultur? Nah pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu agrikultur dan contohnya? Apa saja yang termasuk agrikultur? Dan apa yang di maksud dengan agrikultur dan non agrikultur?

Agrikultur Adalah?

Apa yang dimaksud dengan agrikultur dan non agrikultur? Agrikultur adalah suatu proses dalam memroduksi makanan (pangan), sandang, papan atau tempat tinggal dan kebutuhan lain dalam sektor pertanian dan peternakan dalam hal peternakan, termasuk dalam memroduksi makanan ternak.

Apa itu non agrikultur? non agrikultur adalah suatu proses untuk memproduksi sebuah produk yang tidak termasuk dalam makanan baik untuk manusia maupun hewan ternak, dengan kata lain non agrikultur menghasilkan produk bukan untuk dimakan, contohnya non agrikultur adalah penjepit jemuran, kursi, meja dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Bioma dan Biosfer: Ciri-ciri dan Contohnya

Pengertian Agrikultur Menurut Para Ahli

Nah untuk membantu dalam memperjelas dan mempermudah kamu dalam memahami pengertian dari agrikultur. Apa pengertian agrikultur menurut para ahli? berikut ini pengertian agrikultur menurut beberapa ahli!

1. Van Aaresten

Van Aaresten merupakan seorang ahli pertanian, berpendapat tentang pengertian agrikultur. Agrikultur adalah suatu aktifitas atau kegiatan manusia dalam menghasilkan sesuatu dari berbagai tumbuhan dan hewan peternakan.

2. Mosher

Mosher merupakan seoarang spesialis dalam pengembangan pertanian. Mosher berpendapat tentang agrikultur. Agrikultur adalah suatu bentuk dalam memproduksi khas dalam proses pengolahan tumbuhan dan hewan.

Macam-macam Sektor Agrikultur

Pengertian Agrikultur

Berbicara tentang agrikultur ada beberapa kegiatan agrikultur yang mungkin kamu perlu ketahui, berikut ini sektor-sektor yang termasuk dalam agrikultur, Agrikultur dapat berupa sektor perkebunan, kehutanan, peternakan dan yang terakhir perikanan. Berikut ini jenis-jenis sektor agrikultur dan penjelasannya.

1. Sektor Perikanan

Tahukah kamu jika Indonesia merupakan negara yang memiliki laut yang sangat luas, hingga dikenal sebagai negara maritim. Indonesia memiliki total luas 7.81 juta m2 yang terdiri dari luas daratan nya 2,01 juta m2 dan lautan nya seluas 3,25 juta m2. Tidak heran jika indonesia mampu menghasilkan 16 juta ton ikan pertahun nya (kompas)

2. Sektor Peternakan

Di Indonesia. Menurut keterangan dari ukuran fauna ternaknya tergolong menjadi dua bagian yaitu peternakan besar yang termasuk dalam peternakan kuda, sapi, kambing, domba. Sedangkan peternakan kecil yang hanya termasuk dalam golongan unggas seperti ayam, bebek dan jenis unggas lainnya.

3. Sektor Kehutanan

Seperti yang sama-sama kita ketahui indonesia memiliki hutan yang sangat luas hingga 125,9 juta hektar sumber infopublik.id, sehingga Indonesia memiliki banyak persediaan kayu. Namun banyak nya persediaan kayu tersebut harus dikontrol sebaik mungkin karena jika dibiarkan oknum lain untuk menembang pohon sembarangan akan berdampak buruk terhadap kelestarian alam Indonesia.

4. Sektor perkebunan

Hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia berkompoten dalam sektor perkebunan. Sehingga hasil dari perkebunan memiliki peran penting dalam menambah pendapatan perekonomian negara. Sehingga perkebunan memberikan dampak positif pada Indonesia. Salah satu contoh Sektror perkebunan adalah Kelapa Sawit, Coklat, pohon karet dan sebagainya.

5. Sektor Tanaman Pangan

Di Indonesia memiliki banyak sekali sektor tanaman pangan yang tersebar di Nusantara. Padi menjadi tanaman pangan yang terbesar dalam hal agrikultur di bandingan tanaman lain seperti jagung, sayur, tomat dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi, sistem dan Jenis-jenisnya

Ekonomi Agrikultur

ekonomi-agrikultur

Apa itu ekonomi agrikultur? Ekonomi agrikultur adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk meningkatkan perekonomian melalui sektor-sektor yang termasuk dalam agrikultur yaitu sektor perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan dan tanaman pangan. Agrikultur adalah usah yang dilakukan manusia untuk memanfaatkan sumber daya alam dalam memroduksi bahan makanan, industri dan sumber daya untuk mengelola lingkungan hidup.

Hambatan Pengembangan Agrikultur Di Indonesia

Seperti yang dijelaskan di atas Indonesia memiliki banyak sekali sektor agrikultur yang di kembangkan di Indonesia sehingga indonesia termasuk dalam negara kaya akan sumber daya alamnya. Namun ada beberapa hambatan dalam pengembangan agrikultur di Indonesia. Berikut ini 5 hambatan pengembangan agrikultur di Indonesia.

  • Skala Usaha pertanian yang lumayan kecil
  • Terbatasnya modal
  • Pengelolaan masih sederhana
  • Berpengaruh terhadap musim
  • Masih bergantung pada tenaga kerja keluarga
  • Akses kredit, teknologi dan pasar terbatas
  • Banyaknya lahan pertanian yang diubah menjadi industri
  • Sebagian besar harga dikuasai oleh pedagang besar.

Strategi Dalam Mengembangkan Agrikultur di Indonesia

Setelah membahas Hambatan Pengembangan Agrikultur Di Indonesia, berikut ini penjelasan strategi dalam pengembangan agrikultur di Indonesia. Untuk mengingatkan perkembangan agrikultur Indonesia cukup dengan memecahkan 5 masalah hambatan pengembangan agrikultur di Indonesia.

Baca Juga: Agroteknologi adalah: Pengertian, Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Agrotenologi

  • Memberikan fasilitas terhadap usaha pertanian
  • Memberikan modal yang cukup
  • Memberikan sosialisasi dan fasilitas teknologi dalam pengelolaan
  • Menambah tenaga kerja
  • Mempermudah akses kredit, teknologi dan pasar
  • Menambah lahan pertanian

Apa saja Contoh Agrikultur?

Berikut ini beberapa contoh agrikultur yang perlu kamu ketahui

  1. produksi barang agrikultur
  2. industri kimiawi
  3. industri serat serat
  4. industri bahan bakar
  5. industri bunga potong dan tanaman hias
  6. penjualan bibit tanaman
  7. sektor perikanan
  8. peternakan burung
  9. penjualan binatang peliharaan
  10. obat obatan

Related Posts